HUT GUNUNGKIDUL KE-182

DSC00975

GUNUNGKIDUL—Ribuan warga Gunungkidul tumpah ruah di sekitar Alun-alun Wonosari, Senin (27/5/2013) siang. Tak hanya memenuhi lapangan yang digunakan upacara peringatan hari jadi Gunungkidul ke 182, warga juga berjubel disepanjang jalan untuk menyaksikan kirab pusaka andalan Gunungkidul Songsong Agung Kyai Robyong, dan dua tombak Kyai Panjolo Panjul dan Kyai Margo Salurung.

DSC00991

Ketiga pusaka tersebut dikirab keliling wonosari mulalui jalur Jalan Brigjen Katamso, Jalan Sumarwi, Jalan Ksatrian dan finish di lapangan volly tepat belakang kantor pemkab Gunungkiduk. Tidak kurang dari 2 jam jalur yang dilalui kirab pusaka ditutup total dengan lautan manusia. Tak ada satu pun kendaraan yang bisa melintas sejak pukul 13.00-15.00 WIB.

DSC00984

Selain kirab pusaka, berbagai bragada dari Satuan Kerja Prangkat Daerah, PNS, Polri, TNI, perangkat desa dan masyarakat umum dengan mengenakan pakaian adat jawa. Masing-masing kecamatan pun mengirimkan kesenian andalan mulai dari tari, jathilan, dan sebagainya. Nuansa jawa masih sangat kental menjadi ornamen dalam puncak acara ulang tahun tersebut.

Sri Hidayatun, salah satu warga dari Desa Ngawu, Kecamatan Playen, salah satunya rela berdesak-desakan hanya untuk menyaksikan kirab sebagai ritual tahunan itu. Bahkan kedua anaknya pun dibawa. “Pengen liat aja kebetuna hiburan juga buat anak-anak” ucapnya
DSC00982DSC00962

DSC00974

sumber: Harian Jogja

atau bisa lihat di http://www.youtube.com/watch?v=Tl5ROC6m7Dc&feature=youtu.be

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s